Monday, February 18, 2013

Pesan Hotel "Online" Kian Ngetren

AppId is over the quota

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan internet berdampak pada banyak hal, termasuk mengubah tren wisatawan dalam memesan kamar hotel. Rajakamar, situs pemesanan kamar hotel via online, mendapatkan kenaikan penjualan kamar via online sebesar 30 persen di tahun 2012, dibanding pada tahun sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chanjaya, General Manager Rajakamar, di JCC Jakarta, Jumat (15/2/2013). Menurutnya, hingga awal Januari 2013, penjualan kamar hotel lebih banyak dilakukan via online.

Bahkan, tren pun merambah pada pemesanan kamar hotel via mobile (handphone). Rajakamar yang memiliki aplikasi pada handphone Blackberry dan Android, menurut Chan, setiap bulannya, makin banyak yang mengunduh aplikasi tersebut.

"Pada Desember 2012 jumlah pengunduh aplikasi Rajakamar di BB dan Android tembus angka 60 ribu," ujar Chan.

Hingga saat ini kebanyakan transaksi pemesanan kamar hotel online maupun offline masih didominasi oleh wisatawan yang berasal dari Jakarta untuk destinasi mayoritas ke Bali, Bandung dan Yogyakarta. Sedangkan, untuk tarif hotel yang paling banyak dipesan berkisar Rp 400.000 - Rp 600.000.

Meningkatnya angka pemesanan kamar hotel, juga dipengaruhi oleh makin menjamurnya hotel-hotel yang dibangun. Chan mengungkapkan bahwa pada tahun ini akan dibangun beberapa hotel baru terutama di kawasan Tangerang.

No comments:

Post a Comment